UNIT KEGIATAN BELAJAR
3.3/4.3/1/3
Kompetensi Dasar
3.3
Mengidentifikasi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan
rekomendasi)
teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
(C4: menganalisis)
4.3
Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks
eksposisi secara lisan dan/ tulis
Indikator Pencapaian
3.3.1 Mengidentifikasi tesis, argumen, dan
rekomendasi dalam teks eksposisi (C4: menganalisis)
3.3.2 Membedakan fakta dan opini dalam teks
eksposisi (C4: menganalisis)
4.3.1 Melengkapi tesis dengan argumen
4.3.2 Menyampaikan kembali isi teks eksposisi dengan bahasa yang berbeda
Materi Pokok
Eksposisi
Alokasi waktu
8 X 45 Menit
Tujuan Pembelajaran
Melalui
kegiatan diskusi, tanya jawab, analisis, penugasan, dan presentasi peserta
didik dapat mengidentifikasi tesis, argumen, dan rekomendasi dalam teks
eksposisi, membedakan fakta dan opini dalam teks eksposisi, melengkapi tesis
dengan argumen, menyampaikan kembali isi teks eksposisi dengan bahasa yang
berbeda, sehingga peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya melalui belajar Bahasa Indonesia, mengembangakan sikap jujur,
peduli, dan bertanggungjawab, serta dapat mengembangkanPengembangankemampuanUKB berpikir kritis, komunikasi,
kolaborasi, kreativitas (4C), berliterasi,
dan berkarakter.
Materi Pembelajaran
Agar konsep dan teori yang akan Anda pelajari
pada UKB ini dapat Anda kuasai dengan baik, maka terlebih dahulu bacalah Buku
Teks Pelajaran (BTP) berikut:
1)
Kemendikbud.
2015. Bahasa Indonesia untuk
SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hlm
51 – 67
·
Teks 1: Bahaya Narkoba bagi Generasi Muda, hlm. 54 – 55
·
Teks 2:
Pembangunan dan Bencana Lingkungan, hlm 56 – 57
·
Teks 3: Upaya Melestarikan Lingkungan Hidup, hlm 59 – 61
2)
KKBI V
dan PUEBI
3) buku lain yang sekiranya Anda temukan berkaitan dengan materi isi teks eksposisi, untuk
keperluan ini Anda boleh mencarinya di internet.
Untuk lebih lengkapnya Download Filenya Disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar