Rabu, 16 Januari 2019

UKBM B.Indonesia Kela X Sem 1 (Materi Mendaur Teks Anekdot)

UNIT KEGIATAN BELAJAR BIN 3.6/4.6/1/6


Kompetensi Dasar

3.6 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot
4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan, baik lisan maupun tulis.

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.6.1 Mengidentifikasi struktur teks anekdot
3.6.2 Mengenal berbagai pola penyajian teks anekdot
3.6.3 Menganalisis kebahasaan teks anekdot.

3.7.1 Menceritakan kembali isi teks anekdot dengan pola penyajian yang berbeda

4.7.2 Menyusun teks anekdot berdasarkan kejadian yang menyangkut orang banyak atau perilaku seorang tokoh publik

Materi Pokok

TEKS ANEKDOT

Alokasi Waktu

8 x 45 menit (360 menit)

Tujuan Pembelajaran

Melalui diskusi, tanya jawab, penugasan, presentasi dan analisis, peserta didik dapat mengidentifikasi struktur teks anekdot, mengenal berbagai pola penyajian teks anekdot, menganalisis kebahasaan teks anekdot. menceritakan kembali isi teks anekdot dengan pola penyajian yang berbeda, menyusun teks anekdot berdasarkan kejadian yang menyangkut orang banyak atau perilaku seorang tokoh publik dan dapat menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan isi anekdot, sehingga peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, mengembangkan sikap jujur, peduli, dan bertanggungjawab, serta dapat mengembangankan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi (4C).


Materi Pembelajaran

1.  Contoh Teks Anekdot

1.      Teks 1 : Aksi Maling Tertangkap CCTV (BTP Bahasa Indonesia Kelas X halaman 93)

2.      Teks 2 : Kisah Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (BTP Bahasa Indonesia Kelas X halaman 95)

3.      Teks 3 : Dosen yang juga Menjadi Pejabat (BTP Bahasa Indonesia Kelas X halaman 98)

4.      Teks 4 : Mewakili Rakyat

2.  Struktuk teks anekdot

3.  Kaidah kebahasaan teks anekdot

4.  Pola penyajian teks anekdot

5.  Penulisan kalimat langsung dan kalimat tidak langsung

6.  Prosedur penyusunan teks anekdot

Peta Konsep



Kegiatan Pembelajaran

A. Pendahuluan

Sebelum mempelajari materi ini, silakan kalian membaca dan memahami teks di bawah ini.

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda tentu sering menemui sesuatu yang tidak sesuai dengan hati dan pikiran Anda. Entah itu dengan teman, dengan keputusan-keputusan di OSIS, organisasi ekstrakurikuler, kondisi di sekolah, dsb. Dalam keadaan seperti itu, kalian tentu ingin mengkritiknya. Namun, kritik itu harus disampaikan dengan baik, bijak dan efektif.

Nah, salah satu sarana untuk menyampaikan kritik adalah anekdot. Anekdot adalah cerita lucu yang berisi sindiran atau kritikan. Dalam kegiatan kali ini, Anda akan belajar menganalisis struktur teks anekdot. Selanjutnya, diharapkan Anda dapat menciptakan teks anekdot yang baik dengan memperhatikan unsur kebahasaannya.

Untuk itu, silakan kalian lanjutkan ke kegiatan berikut dan ikuti petunjuk yang ada dalam UKB ini.

B. Kegiatan Inti

1.      Petunjuk Umum UKB

a.       Baca dan pahami materi pada Buku Siswa Bahasa Indonesia X Wajib yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, halaman 93 s.d. 102.

b.       Setelah memahami isi materi dalam bacaan berlatihlah untuk berpikir tinggi melalui tugas-tugas yang terdapat pada UKB ini baik bekerja sendiri maupun bersama teman sebangku atau teman lainnya.

c.       Kerjakan UKB ini dibuku kerja atau langsung mengisikan pada bagian yang telah disediakan.

d.       Kalian dapat belajar bertahap dan berlanjut melalui kegitan ayo berlatih, apabila kalian yakin sudah paham dan mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan dalam kegiatan belajar 1, 2, dan 3 kalian boleh sendiri atau mengajak teman lain yang sudah siap untuk mengikuti tes formatif agar kalian dapat belajar ke UKB berikutnya.

2.      Kegiatan Belajar

Ayo … … ikuti kegiatan belajar berikut dengan penuh kesabaran dan konsentrasi!!!

Kegiatan Belajar 1

Selengkapnya Download Disini



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar