UNIT KEGIATAN BELAJAR BIN 3.6/4.6/1/6
Kompetensi Dasar
3.6 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks
anekdot
4.6 Menciptakan
kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan, baik lisan
maupun tulis.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6.1 Mengidentifikasi struktur teks anekdot
3.6.2 Mengenal berbagai pola penyajian teks
anekdot
3.6.3 Menganalisis kebahasaan teks anekdot.
3.7.1 Menceritakan kembali isi teks anekdot
dengan pola penyajian yang berbeda
4.7.2 Menyusun
teks anekdot berdasarkan kejadian yang menyangkut orang banyak atau perilaku
seorang tokoh publik
Materi Pokok
TEKS ANEKDOT
Alokasi Waktu
8 x 45 menit (360 menit)
Tujuan Pembelajaran
Melalui diskusi, tanya jawab, penugasan,
presentasi dan analisis, peserta didik dapat mengidentifikasi struktur teks
anekdot, mengenal berbagai pola penyajian teks anekdot, menganalisis kebahasaan
teks anekdot. menceritakan kembali isi teks anekdot dengan pola penyajian yang
berbeda, menyusun teks anekdot berdasarkan kejadian yang menyangkut orang banyak
atau perilaku seorang tokoh publik dan dapat menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan isi anekdot, sehingga peserta didik dapat menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, mengembangkan sikap jujur, peduli, dan
bertanggungjawab, serta dapat mengembangankan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi,
berkolaborasi, berkreasi (4C).
Materi Pembelajaran
1. Contoh Teks Anekdot
1. Teks 1 : Aksi Maling Tertangkap CCTV (BTP Bahasa Indonesia Kelas X
halaman 93)
2.
Teks 2 : Kisah
Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (BTP Bahasa Indonesia Kelas X halaman 95)
3. Teks 3 : Dosen yang juga Menjadi Pejabat (BTP Bahasa Indonesia Kelas X
halaman 98)
4. Teks 4 : Mewakili Rakyat
2. Struktuk teks anekdot
3. Kaidah kebahasaan teks anekdot
4. Pola penyajian teks anekdot
5. Penulisan kalimat langsung dan kalimat tidak langsung
6. Prosedur penyusunan teks anekdot
Peta Konsep
Kegiatan Pembelajaran
A. Pendahuluan
Sebelum mempelajari materi ini, silakan kalian membaca dan memahami
teks di bawah ini.
Dalam kehidupan
sehari-hari, Anda tentu sering menemui sesuatu yang tidak sesuai dengan hati
dan pikiran Anda. Entah itu dengan teman, dengan keputusan-keputusan di OSIS,
organisasi ekstrakurikuler, kondisi di sekolah, dsb. Dalam keadaan seperti itu,
kalian tentu ingin mengkritiknya. Namun, kritik itu harus disampaikan dengan
baik, bijak dan efektif.
Nah, salah satu
sarana untuk menyampaikan kritik adalah anekdot. Anekdot adalah cerita lucu
yang berisi sindiran atau kritikan. Dalam kegiatan kali ini, Anda akan belajar
menganalisis struktur teks anekdot. Selanjutnya, diharapkan Anda dapat
menciptakan teks anekdot yang baik dengan memperhatikan unsur kebahasaannya.
Untuk itu, silakan kalian
lanjutkan ke kegiatan berikut dan ikuti petunjuk yang ada dalam UKB ini.
B. Kegiatan Inti
1. Petunjuk
Umum UKB
a.
Baca dan pahami materi pada Buku Siswa Bahasa Indonesia X Wajib yang
diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, halaman 93 s.d. 102.
b.
Setelah memahami isi materi dalam bacaan berlatihlah untuk berpikir
tinggi melalui tugas-tugas yang terdapat pada UKB ini baik bekerja sendiri
maupun bersama teman sebangku atau teman lainnya.
c.
Kerjakan UKB ini dibuku kerja atau langsung mengisikan pada bagian
yang telah disediakan.
d.
Kalian dapat belajar bertahap dan berlanjut melalui kegitan ayo berlatih, apabila kalian yakin
sudah paham dan mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan dalam kegiatan
belajar 1, 2, dan 3 kalian boleh sendiri atau mengajak teman lain yang sudah
siap untuk mengikuti tes formatif agar kalian dapat belajar ke UKB berikutnya.
2. Kegiatan
Belajar
Ayo … …
ikuti kegiatan belajar berikut dengan penuh kesabaran dan konsentrasi!!!
Kegiatan Belajar 1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar